Pekan Irigasi dan Sarasehan dalam rangka Hari Ulang Tahun Gerakan Irigasi Bersih

Minggu (20/3/2022), bertempat di Gedung WKSBM NGUDI BAROKAH di Dusun Nglaren, Kalurahan Potorono Kapanewon Banguntapan, diselenggarakan sarasehan dan rembug warga terkait pemanfaatan Sumber Daya Air. Dihadiri oleh perwakilan dari Fakultas Teknologi Pertanian UGM, Tenaga Ahli Bupati Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan, Yitno, ST., MT, Kepala Bidang Sumber Daya Air DPUPKP, Wartini, ST., MT. dan jajaran UPTD Pengamatan Pengairan Opak Oya, Panewu Banguntapan,  I Nyoman Gunarsa, S.Psi., M.Psi,  Lurah Potorono, Prawata, perwakilan Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A), perwakilan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), serta petani Dusun Nglaren.

 

Acara ini diselenggarakan dalam rangka Hari Ulang Tahun Gerakan Irigasi Bersih (GIB) Merti Tirto Amartani (MTA) ke-9 Tahun 2022. Salah satu rangkaian acara GIB adalah pekan Irigasi melalui acara gotong-royong pembersihan saluran irgasi. Pekan ke-3 ini dilaksanakan gotong-royong di Daerah irigasi (DI) Nglaren. Sebelumnya telah dilaksanakan Pekan Irigasi di DI Tegalkiri Sriharjo pada tanggal 16 Februari 2020, dan Pekan Irigasi di DI Timbulsari, Sewon pada tanggal 15 Maret 2022.

 

Melalui acara ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, utamanya dalam menciptakan irigasi yang bersih sebagai pendukung dalam produksi pangan yang sehat.