Mudahkan Akses Pelaporan Kerusakan Irigasi, DPUPKP Bantul Kembangkan Inovasi WEB GIS SI CEPAT JARI

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi informasi yang begitu cepat, menuntut pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat harus lebih mudah, tepat waktu, transparan dan tidak bertele-tele. 

 

Dalam rangka menjawab tuntutan masyarakat tersebut Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul berusaha menuju Digital Organisasi dalam mendukung pelayanan memenuhi kebutuhan hidup dasar, terutama kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang paling utama dan paling pokok bagi manusia yang harus segera dipenuhi untuk dapat bertahan hidup, yaitu kebutuhan akan pangan. 

 

Terpenuhinya kebutuhan pangan untuk kesejahteraan masyarakat akan dapat terwujud dengan adanya produktifitas hasil pertanian yang mencukupi. Produktifitas hasil pertanian akan meningkat apabila didukung oleh adanya kecukupan air irigasi. Kecukupan air irigasi sangat dipengaruhi oleh adanya kondisi infrastruktur irigasi. 

 

Untuk melakukan optimalisasi kinerja pelayanan publik utamanya dalam pelayanan irigasi, maka DPUPKP Kabupaten Bantul berusaha mewujudkan pelayanan yang mudah dan cepat diakses, salah satunya dengan dikembangkannya aplikasi SiCepat Jari atau Sistem Informasi Cepat Jaringan Irigasi yang merupakan aplikasi berbasis WebGis. 

 

Cukup dengan membuka link webgisirigasi.bantulkab.go.id  masyarakat dapat mengetahui informasi Daerah Irigasi, membuka akses pelaporan kerusakan irigasi, mengetahui data hasil perhitungan Rencana Anggaran Belanja untuk penanganan kerusakan, dan melihat respon DPUPKP terhadap laporan tersebut. 

 

Dengan adanya inovasi SiCepat Jari ini, diharapkan masyarakat lebih mudah dalam memberikan laporan kerusakan kepada pemerintah sehingga segera dapat ditangani.