Dukung Capaian SPM, Bupati Bantul Resmikan SPAM dan SPALD

 

Selasa (27/12/2022) Bupati Bantul berkenan meresmikan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Bantul pada Tahun Anggaran 2022. 

 

 

Tahun 2022 ini, Kabupaten Bantul melaksanakan Program DAK Bidang Air Minum dan Bidang Sanitasi pada 15 titik lokasi, yaitu 7 lokasi untuk bidang air minum dengan total anggaran sebesar Rp2.740.000.000,00 (dua miliar tujuh ratus empat puluh juta rupiah) dan 8 lokasi untuk bidang sanitasi dengan total anggaran Rp3.850.500.000,00 (tiga miliar delapan ratus lima puluh juta lima ratus ribu rupiah).

 

 

Total target output untuk Program DAK Bidang Air Minum sebanyak 548 SR yang tertuang dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas PUPKP Kabupaten Bantul dan yang dapat direalisasikan sebanyak 617 SR. Sedangkan target output Program DAK Bidang Sanitasi sebesar 408 SR dan yang dapat direalisasikan sebanyak 445 SR. Berdasarkan hasil pekerjaan ini, maka pelaksanaan Program DAK Bidang Air Minum dan Sanitasi mampu melampaui target yang telah ditetapkan.

 

 

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan dibangunnya SPAM dan SPALD ini, harapannya dapat memberikan akses air minum dan sanitasi yang layak, guna peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Selain itu , program ini juga mampu mendukung tercapainya pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal khususnya bidang SPM Urusan Bidang Pekerjaan Umum.