DPUPKP Selenggarakan Sosialisasi Operasional dan Pemeliharaan SPALD

Kamis (4/5/2023) bertempat di Hotel Pandanaran Yogyakarta, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul melalui Bidang Cipta Karya melaksanakan Sosialisasi Operasional dan Pemeliharaan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat (SPALD-T) dan  Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) yang dibangun pada Tahun Anggaran 2021.


Acara dibuka oleh Kepala Bidang Cipta Karya dan dihadiri juga oleh Bappeda, Sub Koordinator Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman pada DPUPKP, Kalurahan penerima program, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)/Kelompok  Pemelihara dan Pemanfaat (KPP) SPALD-T dan SPALD-S.


Acara ini diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi KSM/KPP sebagai pengelola SPALD-T dan SPALD-S yang asetnya telah menjadi aset Kalurahan. Selain itu, infrastruktur sanitasi yang telah terbangun pada tahun 2021 sudah memasuki masa penyedotan lumpur tinja. Oleh sebab itu, dalam sosialisasi ini juga mengingatkan kepada pihak Kalurahan dan KSM/KPP untuk melaksanakan penyedotan lumpur tinja agar SPALD tetap dapat optimal dalam mengolah limbah domestik.