DPUPKP Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni karena pada 1 Juni 1945, Soekarno pertama kalinya menyebut istilah Pancasila dalam pidatonya di Sidang BPUPKI Pertama. Hari ini, Rabu (1 JUni 2022) dilaksanakan Peringatan Hari Lahir Pancasila secara nasional yang dipusatkan di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur.

 

 

Sesuai dengan Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022, semua karyawan pada Dinas/instansi wajib mengikuti jalannya Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara terpusat melalui siaran langsung di kanal Youtube BPIP.

 

 

Tak terkecuali, karyawan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 ini secara online. Sekretaris Dinas PUPKP beserta Bapak Ibu Kepala Bidang mengikuti Upacara secara virtual di Ruang Rapat Timur DPUPKP, sedangkan staf lainnya mengikuti di Ruang Kerja masing-masing.

 

 

 

 

Dalam amanat Pembina Upacara, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa semua komponen Bangsa harus membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, karena Pancasila telah mempersatukan Indonesia dan penuntun ketika Bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian. Mari bersama kita mengamalkan Pancasila dan memperjuangkannya serta mewujudkannya dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan dalam tata kelola pemerintahan.