Berita

Survey Lokasi Dalam Rangka Verifikasi Adminitrasi dan Teknik Usulan PSU di Dua Perumahan

Jumat Pahing, 17 Desember 2021 19:58 WIB 53

foto

Jum’at 17 Desember 2021, Dinas PUPKP Kabupaten Bantul bersama Kementrian PUPR Direktorat Jendral Perumahan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa III melakukan survey lokasi dalam acara Verifikasi Administrasi dan Teknik Usulan Prasarana, Sarana, Utilitas Umum (PSU) di Perumahan Grahatama Hills yang berlokasi di Kapanewon Pleret dan Perumahan Nawa Village Bangunjiwo yang berlokasi di Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul terkait dengan Permohonan bantuan PSU TA 2022.
Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) merupakan kelengkapan fisik untuk mendukung terwujudnya perumahan yang sehat, aman dan terjangkau. Dengan demikian ketersediaan prasarana, sarana, dan utilitas umum merupakan kelengkapan dan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pengembangan perumahan dan kawasan permukiman.
Jenis komponen Bantuan PSU antara lain:
Jalan;
Ruang terbuka non hijau;
Sanitasi;
Air minum;
Rumah ibadah;
Jaringan listrik; dan.
Penerangan jalan umum.
Jadi fasilitas umum maupun fasilitas sosial masih dikategorikan dalam prasarana, yang merupakan kelengkapan dasar fisik lingkungan yang memungkinkan lingkungan perumahan dan permukiman dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Serta, dapat pula sebagai sarana, yaitu fasilitas penunjang yang berfungsi untuk penyelenggaraan dan pengembangan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya. Fasilitas umum dan fasilitas sosial merupakan sebuah prasarana atau sarana penunjang layanan kegiatan yang ada dalam perumahan.

Dokumentasi lainya bisa klik disini