Berita

Evaluasi dan Sinkronisasi Rencana Umum Pengadaan Tahun Agggaran 2021

Jumat Legi, 11 Desember 2020 09:56 WIB 178

foto

Rencana Umum Pengadaan (RUP) sesuai dalam Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah merupakan daftar rencana Pengadaan Barang/Jasa yang akan dilaksanakan oleh Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah. Dalam Perpres tersebut, disebutkan bahwa Pengumuman RUP Perangkat Daerah dilakukan setelah rancangan Peraturan Daerah tentang APBD disetujui bersama oleh Pemerintah Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Pengumuman dilakukan melalui aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP).


Sesuai Peraturan Bupati Bantul Nomor 106 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah, pengumuman RUP menjadi salah satu parameter penilaian kinerja Perangkat Daerah di Kabupaten Bantul. Jika RUP diumumkan secara lengkap pada tanggal 10 Desember tahun anggaran sebelumnya, Perangkat Daerah memperoleh poin kinerja maksimal atau 5 (lima).
Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas PUPKP Kabupaten Bantul, Bobot Ariffi’ Aidin, ST., MT., dalam acara Workshop Evaluasi dan Sinkronisasi Rencana Umum Pengadaan Tahun Agggaran 2021 pada Kamis (10/12/2020) di Burz@ Hotel Yogyakarta.


Acara yang diselenggarakan oleh Dinas PUPKP tersebut bertujuan untuk melakukan evaluasi dan sinkronisasi terhadap hasil entry RUP TA. 2021 pada aplikasi SIRUP. Juga bertujuan untuk meningkatkan perencanaan dan pengendalian kegiatan dalam rangka penyusunan Rencana Operasional Pelaksanaan Kegiatan (ROPK) dan anggaran kas.
Pada akhir acara, dengan mengucap syukur Alhamdulillah, Kepala Dinas menutup acara dengan mengumumkan seluruh RUP pada aplikasi SIRUP.