Berita

DPUPKP Terima Penghargaan Pelestari Cagar Budaya

Jumat Wage, 25 September 2020 16:35 WIB 212

foto
Sekretaris DPUPKP, Yudo Wibowo, ST., MT menerima penghargaan dari Bupati Bantul

Dalam upaya pelestarian budaya dan cagar budaya, Dinas Kebudayaan Kabupaten Bantul memberikan penghargaan kepada para budayawan/seniman/pelestari budaya dan cagar budaya di Kabupaten Bantul. Dalam acara yang bertajuk  Penyerahan Penghargaan Seniman/Budayawan, Pelestari Adat/Budaya dan Pelestari Cagar Budaya, diselenggarakan pada Sabtu (19/9) di Hotel Ross in Hotel.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris DPUPKP, Yudo Wibowo, ST., MT menerima penghargaan dalam kategori Pelestari Cagar Budaya yang berupa Stoomwals. Bupati Bantul, Suharsono menyerahkan penghargaan berupa Piala, Pin dan sertifikat serta uang penghargaan sebesar 10 juta rupiah.

Pada tahun 2020 ini terpilih 5 seniman/budayawan, 5 pelestari adat/tradisi dan 5 pelestari cagar budaya. Untuk seniman/budayawan penghargaan diberikan kepada: Murti Raharjo/Sapar (seniman ketoprak), Saridal, S.Pd (seniman mocopat, seniman langen carita dolanan anak), Syamsu Setiaji, S.Pd (seniman sastra seni teater), Hadi Suyoto (seniman dalang) dan Yatini (seniman sinden). Sedangkan untuk pelestari Adat/Tradisi terpilih: Upacara Adat Grebeg Selarong, Upacara Adat Jodhangan Goa Cerme Srunggo, Upacara Adat Jumedhuling Mahesa Sura, Upacara Adat Tirta Giri Agung (Gunung Pasar) dan Upacara Adat Merti Dusun Karen (Majemukan). Penghargaan Pelestari Cagar Budaya jatuh pada: Stoomwals (DPUPKP Kabupaten Bantul), Masjid Pathok Negoro Dongkelan, Eks Kantor Sinder Tebu Madugondo Sitimulyo, Dalem Bupati Kanjengan, dan Pasar Tradisional Sangkeh.

(Sumber : https://disbud.bantulkab.go.id/berita/279-penyerahan-penghargaan-senimanbudayawan-pelestari-adattradisi-dan-pelestari-cagar-budaya-kabupaten-bantul-2020).