Berita

Penyerahan Dana Bantuan Sosial Untuk Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Kabupaten Bantul

Kamis Pon, 24 September 2020 22:00 WIB 419

foto

Bantul 24 September 2020.,dalam laporannya kepala DPUPKP kab.Bantul Bobot Ariffi'aidin.,ST.,MT, melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) menangani Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 138 yang berada di Kecamatan Pleret (Desa Wonokromo,Segoroyoso,Bawuran dan Wonolelo).

Penangan peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni berdasarkan database jumlah RTLH yang ada di Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman yang diperoleh melalui pendataan yang dilakukan pada tahun 2015 sebanyak 5703 unit dan sudah tertangani dengan berbagai program sampai sekarang sekitar 90% .

Kepala Dinas PUPKP dalam sambutannya juga menyampaikan,diharapkan masyarakat Bantul sudah dapat tinggal dihunian yang layak huni sehingga dapat melakukan aktifitas pemenuhan kebutuhan hidupnya tanpa harus khawatir lagi dengan kondisi rumah yang dihuni. Rencana awal sesuai dengan yang dialokasikan dalam APBD murni dalam Anggaran Tahun 2020 itu sebenarnya kesuluruhan 287 unit terdiri dari sumber APBD Lewat dana DAK sebesar 136 unit kemudian Sumber dana APBD murni 149 unit, keseluruhan tersebut sebenarnya tersebar di seluruh kabupaten bantul akan tetapi karena adanya pandemi covid-19 maka sumber dana APBD sebanyak 149 unit ini tidak dapat tersalurkan karena adanya rekofusing, sehingga pada siang hari ini adalah perwakilan dari penerima DAK 138 unit, yang datang siang har ini sejumah 41 unit / penerima dengan rincian 20 pencairan pada tahap 3 kemudian yang 21 adalah pengganti dari alokasi awal yang telah dilakukan survei ada yg tidak lolos karena meninggal dunia atau mendapat bantuan dari sumber yang lain.

Dilaporkan juga kepada bapak bupati dan para hadirin bahwa sampai dengan hari ini berdasarkan data yang kami peroleh di ahir tahun 2019 masih ada sekitan 5300an rumah tidak layak huni di kabupaten bantul.

Sebagai upaya untuk menuntaskan kemiskinan dan salah satu amanah dari RPJMD Bantul tahun 2016-2021 Bupati Bantul Drs.H.Suharsono menyerahkan Dana Bantuan Sosial untuk Peningkatan Kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bertempat di aula Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul.

Bupati Bantul dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan sebuah rumah tentu merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena itu pemenuhan rumah yang sehat dan layak huni harus terus kita pacu. Sejalan dengan hal tersebut kami pemerintah kabupaten bantul terus menerus berkomitmen memberikan bantuan kepada masyarakat agar mampu membangun meningkatkan kualitas rumah sehingga dapat menghuni rumah yang layak dalam lingkungan yang sehat dan aman.