Berita

Tingkatkan Pemahaman tentang SIPD, DPUPKP Ikuti Virtual Meeting Diseminasi SIPD dengan Kemendagri

Rabu Legi, 2 September 2020 10:18 WIB 74

foto

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyiapkan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang terdiri dari e-Database, e-Planning, e-Monev, dan e-Reporting. SIPD ini merupakan amanat dari Pasal 262 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.  Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 98 Tahun 2018 tentang Sistem Informasi Pembangunan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, Dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan Dan Keuangan Daerah, proses perencanaan pembangunan daerah Tahun Anggaran 2021 sudah harus menggunakan aplikasi SIPD.

Guna meningkatkan pemahaman dan kemampuan teknis mengoperasikan aplikasi SIPD, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendagri menyelenggarakan acara Diseminasi Aplikasi SIPD dan Permendagri 90 Tahun 2019 melalui  Virtual Meeting (Aplikasi Polycom) pada hari Selasa (1/9/20), diikuti oleh 4 (empat) Pemerintah Daerah yaitu Kabupaten Bantul, Kabupaten Madiun, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Bobot Ariffi’ Aidin, ST., MT. selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Kabupaten Bantul beserta jajaran berkesempatan mengikuti acara diseminasi SIPD bertempat di Aula DPUPKP. Sebanyak 32 orang pejabat strultural dan staf mengikuti acara diseminasi dengan seksama.

Dalam sambutannya sebelum acara virtual meeting berlangsung, Bobot Ariffi’ Aidin berpesan agar semua pejabat dapat mengikuti acara diseminasi SIPD demi kelancaran perencanaan pembangunan Tahun Anggaran 2021. (tE Er)