Berita

PROGRAM PERCEPATAN PENINGKATAN TATA GUNA AIR IRIGASI (P3TGAI) DI KABUPATEN BANTUL

Selasa Kliwon, 9 Juli 2019 16:33 WIB 318

foto

Selasa 09 Juli 2019 pembukaan workshop P3A/P3A tentang pengelolaan irigasi di Kabupaten Bantul 2019, Program percepatan peningkatan tata guna air irigasi (P3TGAI), Kementrian PUPR telan meluncurkan program Infrastruktur berbasis Masyarakat(IMB) dimana salah satu kegiatannya adalah P3GTAI. Program ini merupakan lanjutan dari program P4.ISDA yang telah dilaksanakan sejak 2013. Kemudian berganti nama menjadi P3.TGAI P3TGAI merupakan kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi desa guna mensejahterakan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar srta berkontribusi untuk ketahanan pangan.

Tahun ini di kabupaten Bantul mendapatkan alokasi P3TGAI sebanyak 42 desa dari 100 desa yang di alokasikan di provinsi DIY. Sehingga kabupaten Bantul mendapat  alokasi paling banyak di antara kabupaten seluruh provinsi DIY. Sasaran ditujukan untuk peningkatan/rehabilitasi/pembangunan saluran irigasi tersier. System pelaksanaan P3TGAI ini adalah dengan swakelola, sehingga dari sejak perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta pelaporan dilakukan oleh kelompok masyarakat dalam hal ini P3A/GP3A dan didukung oleh pemerintah desa setempat.

PPK kegiatan ini di ampu oleh Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak, dan didampingi oleh  Konsultan Manajemen Balai (KMB) dan Tim Pelaksana Balai (TPB) serta Tim Pendamping Masyarakat (TPM).

Workshop ini dihadiri oleh 42 GP3A/P3A dan 42 Desa penerima program P3TGAI, dan untuk narasumber dihadirkan KMB (Konsultan Manajemen Balai) dan Tim Pelaksana Balai (TPB), bertempat di Balai Desa Pendowoharjo, Sewon, Bantul.