Berita

PELATIHAN KELOMPOK PENGELOLA AIR BERSIH (PAB)

Kamis Pon, 29 November 2018 17:39 WIB 273

foto

Pembangunan sarana air minum dan sanitasi akan mulai memberikan manfaat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat bilamana telah selesai pembangunannya, berfungsi, dan dioperasikan. Namun untuk dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan maka sarana SPAM harus dipelihara dan dikelola bahkan dikembangkan.

Pengoperasian,  pemeliharaan  dan  pengembangan  membutuhkan  pengelolaan  dan pembiayaan yang realistis agar dapat menjamin efektifitas pelayanannya. Pengelolaan dan pembiayaan dimaksud hanyalah bisa terjadi bilamana tersedia kelembagaan yang dipercaya oleh masyarakat, memiliki kapasitas yang memadai dalam pengelolaan sarana air minum dan sanitasi, dengan ditunjang komitmen untuk bekerja secara jujur dan transparan.

Kelompok PAB yang dibentuk melalui musyawarah dan  ditetapkan secara resmi  melalui Keputusan Kepala Desa/Lurah merupakan unit otonom atau mempunyai kewenangan untuk mengatur dan mengelola kegiatan dan organisasi secara internal namun tetap dibawah koordinasi Pemerintah Desa/Kelurahan. 

Secara umum tujuan Pelatihan Kelompok PAB ini adalah:

  • meningkatkat kinerja Kelompok PAB dalam melakukan pengelolaan dan pengembangan keberlanjutan sarana air minum dan sanitasi yang sudah terbangun.
  • meningkatkan pemahaman dan ketrampilan Kelompok PAB dalam mengelola arana air minum dan sanitasi yang sudah terbangun agar berkelanjutan.

Secara khusus tujuan Pelatihan ini adalah:

  • Meningkatkan kemampuan teknis pengurus Kelompok PAB dalam pengoperasian dan pemeliharaan sarana SPAMS
  • Meningkatkan kemampuan pengurus Kelompok PAB dalam pengelolaan iuran (penerapan dan pengumpulan)
  • Meningkatkan kemampuan pengurus Kelompok PAB dalam menyusun rencana kerja
  • Meningkatkan kemampuan melaksanakan  tugas dan  fungsinya dalam  mengorganisir dan  mengelola kegiatan pengelolaan dan pengembangan sarana SPAM dan kegiatan sanitasi di desa/kelurahannya dengan benar 

Secara umum hasil yang diharapkan dari Pelatihan Kelompok PAB adalah

  • tersedianya Pengurus Kelompok PAB yang mampu dan terampil dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai kebutuhan dan harapan program, khususnya trampil dalam pengembangan dan pengoptimalisasian SPAMS terbangun.