Berita

PELATIHAN/BIMBINGAN TEKNIS APLIKASI SIMISKIN (Sistem Informasi Penanggulangan Kemisikinan)

Kamis Kliwon, 1 November 2018 15:41 WIB 70

foto

Kamis, 01 Nopember 2018.

Aplikasi Sistem Informasi Penanggulangan Kemisikinan (SIMISKIN) merupakan hasil dari Hibah Bersaing RISTEK DIKTI selama 3 tahun (2015-2017). Penelitian ini diKetuai oleh Sri Redjeki,S.Si, M.Kom dengan tujuan agar proses dan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Bantul dapat berjalan dengan baik sesuai dengan target yang ditetapkan oleh Bappeda Kabupaten Bantul.

Aplikasi SIMISKIN terdiri dari 3 bagian yaitu :

Pertama Web GIS, yang dapat di akses oleh user umum dan juga pengelola kemiskinan. Bagian ini dapat menampilkan pemetaan kemiskinan sampai ke desa dengan informasi yang ditampilkan jumlah dan profile warga miskin.

Bagian kedua adalah Web Mobile, bagian ini digunakan oleh petugas untuk menginputkan posisi dan foto rumah warga miskin. Setelah data di inputkan maka data langsung dapat dikirimkan ke database SIMISKIN sehingga langsung dapat di tampilkan ke dalam Web GIS (bagian pertama sistem).

Bagian terakhir adalah sistem monev yaitu yang melakukan pengelolaan data gakin (keluarga miskin), data bantuan/program kemiskinan, data OPD (organisasi pemerintah daerah), tahapan monitoring dan proses pembuatan laporan.

BAPPEDA Kabupaten Bantul, Ruang BAWARASA Lantai 3,  User yang akan menggunakan SIMISKIN yaitu Kepala TKPK, Bappeda, OPD pemberi bantuan kemiskina dan tim TKPK Kecamatan Kabupaten Bantul.