Berita

Launching Sinergitas Pengelolaan Air Bersih untuk Mengatasi Permasalahan Kebutuhan Dasar Kehidupan Manusia

Ahad Legi, 15 Juli 2018 21:27 WIB 1056

foto

Sinergitas Penyediaan Air Bersih guna mewujudkan pengelolaan dan pelayaan air bersih yang memenuhi syarat kualitas, kuantitas, kontinuitas, dan keterjangkauan, serta pemenuhan air bersih untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat di launching oleh Bupati Bantul Bapak Drs. H. Suharsono, yang sekaligus meresmikan kegiatan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Dusun Payaman Lor, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri yang dilaksanakan oleh Dinas PUPKP Kabupaten Bantul.

Bupati Drs. H. Suharsono dalam sambutannya, menyambut baik dan mengapresiasi segala daya dan upaya masyarakat serta dinas terkait dalam mewujudkan pengadaan air bersih berbasis masyarakat, dia berpesan kepada masyarakat untuk bisa memanfaatkan sebaik-baiknya fasilitas ini.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPKP, Bapak Bobot Ariffi' Aidin, ST, MT, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menjamin agar saluran PAM perdesaan yang sudah ada dapat berfungsi baik dan berkelanjutan serta tidak tumpang tindih dengan jaringan PDAM, maka diperlukan upaya-upaya teknis dan non teknis oleh Pemda Bantul. Selanjutnya, beliau juga menyampaikan bahwa Pemkab Bantul sejak tahun 2014 telah mengikuti program nasional pamsimas dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan ruang lingkup sebagai berikut: 1. Pemberdayaan masyarakat mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan SPAM terbangun, 2. Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat untuk menghilangkan perilaku buang air besar sembarangan (stop-babs), 3. Penyediaan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi sekolah, 4. Pengembangan kelembagaan pengelola SPAM tingkat masyarakat, 5. Peningkatan anggaran Pemkab dalam melaksanakan sharing replikasi program pamsimas.