Berita

RUSUNAWA BANTUL

Senin Pon, 8 Mei 2017 09:13 WIB 5637

foto

Papan atau rumah merupakan kebutuhan primer masyarakat. Kabupaten Bantul yang memilki kepadatan penduduk yang cukup tinggi tentu membutuhkan rumah yang jumlahnya semakin meningkat pula. Penyediaan rumah untuk masyarakat di Kabupaten Bantul sangat dipengaruhi oleh keterbatasan lahan. Di samping itu sebagian masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah (MBR) tidak mampu untuk memiliki rumah sendiri dalam jangka waktu relatif singkat. Harga rumah tidak terjangkau masyarakat berpenghasilan rendah. Atas dasar keadaan tersebut pemerintah pusat dan pemerintah daerah/Pemkab Bantul melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) berusaha untuk  peduli dan memberikan perhatian yang besar terhadap permasalahan perumahan ini. Salah satu solusinya adalah dengan membangun RUSUNAWA (Rumah Susun Sederhana Sewa).

Sampai saat ini di Bantul telah dibangun 4 Rusunawa yaitu :

1. Rusunawa Projotamansari I (PTS I) berlokasi di Glugo, Panggungharjo, Sewon. Luas PTS I : 1,1 ha. Di rusunawa PTS I ini  telah dibangun 2 menara yang dapat menampung 198 kepala keluarga (KK) dengan unit hunian type 24,dan  sudah beroperasi.

2. Rusunawa Projotamansari (PTS II) berlokasi di Tambak, Ngestiharjo, Kasihan. Luas lahan PTS II : 0,54 ha, terdapat 1 menara yang dapat menampung 98 KK dan sudah beroperasi..

3. Rusunawa Projotamansari (PTS III) berlokasi di Pringgolayan, Banguntapan,Banguntapan. Luas lahan PTS III :0,91 ha dengan 2 twin blok  yang dapat menampung 196 KK dan sudah beroperasi.

4. Rusunawa Projotamansari (PTS IV) berlokasi di Tamanan, Banguntapan dengan luas lahan 1,1 ha terdapat 2 menara mampu menampung 104 KK untuk menara 1 ,type hunian 24 dan 66 KK untuk menara 2, type hunian 36. PTS IV belum beroperasi dan diperuntukkan untuk pekerja.

Di masing-masing rusunawa juga disediakan kamar untuk penyandang disabilitas.

Tim DPUPKP Bantul yang  terdiri dari Novi Astuti, S.T.,M.T. (Kabid Perumahan Permukiman), Yulianta, S.P.,M.M. (Kasi Pengembangan Kawasan), Dra. Suparyani,M.Si. (Kasi Perencanaan Perumahan), Ir.Imawan Eko Handriyanto,M.P. (Kasi Penelitian Teknologi Informasi/PTI), Gunawan Prasetya,S.T. dan Irma Anggrayani,S.T.,M.T. melakukan kunjungan kerja di 4 lokasi rusunawa tersebut. Tujuan kunjungan kerja adalah untuk memantau operasionalisasi rusunawa sekaligus untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada. Di sela-sela kunjungannya, Kabid Perumahan Permukiman mengatakan akan segera melakukan koordinasi dan melakukan tindakan dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan rusunawa. Hal ini agar penghuni lebih nyaman tinggal di rusunawa (imw).