Berita

Urgensi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Kamis Legi, 26 Mei 2016 14:52 WIB 4357

foto

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan kondisi di dalam pekerjaan yang sehat dan aman baik itu bagi pekerjaannya, perusahaan maupun bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Keselamatan dan kesehatan kerja juga merupakan suatu usaha untuk mencegah setiap perbuatan atau kondisi tidak selamat, yang dapat mengakibatkan kecelakaan yang dapat menimbulkan kerugian baik materil dan imateril.

Tujuan penerapan K3

  1. Melindungi dan menjamin keselamatan setiap tenaga kerja dan orang lain di tempat kerja.
  2. Menjamin setiap sumber produksi dapat digunakan secara aman dan efisien.
  3. Meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas.

K3 di Indonesia diatur dengan undang-undang berikut ini:

  • Undang-undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Undang-Undang ini mengatur dengan jelas tentang kewajiban pimpinan tempat kerja dan pekerja dalam melaksanakan keselamatan kerja.

  • Undang-undang nomor 23 tahun 1992 tentang Kesehatan.

Undang- Undang ini menyatakan bahwa secara khusus perusahaan berkewajiban memeriksakan kesehatan badan, kondisi mental dan kemampuan fisik pekerja yang baru maupun yang akan dipindahkan ke tempat kerja baru, sesuai dengan sifat-sifat pekerjaan yang diberikan kepada pekerja, serta pemeriksaan kesehatan secara berkala. Sebaliknya para pekerja juga berkewajiban memakai alat pelindung diri (APD) dengan tepat dan benar serta mematuhi semua syarat keselamatan dan kesehatan kerja yang diwajibkan.  Undang-undang nomor 23 tahun 1992, pasal 23 Tentang Kesehatan Kerja juga menekankan pentingnya kesehatan kerja agar setiap pekerja dapat bekerja secara sehat tanpa membahayakan diri sendiri dan masyarakat sekelilingnya hingga diperoleh produktifitas kerja yang optimal. Karena itu, kesehatan kerja meliputi pelayanan kesehatan kerja, pencegahan penyakit akibat kerja dan syarat kesehatan kerja.

  • Undang-undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

Undang-Undang ini mengatur mengenai segala hal yang berhubungan dengan ketenagakerjaan mulai dari upah kerja, jam kerja, hak maternal, cuti sampai dengan keselamatan dan kesehatan kerja.

Namun K3 dibanyak perusahaan di Indonesia masih dilihat sebelah mata, masih banyak perusahaan yang menganggap masalah K3 adalah masalah ringan yang tidak perlu fokus untuk menerapkan manajemen K3 secara khusus.

Jika kita melihat lebih dalam aturan K3 yang ditetapkan pemerintah memiliki tujuan untuk lebih meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas dan peningkatan produksi dan prestasi kerja. Bayangkan jika peraturan kerja diabaikan dan pekerja bekerja sesuka hatinya, produksi tak bisa berlangsung baik, dan peraturan kesehatan jangan dianggap semata-mata sebagai perlindungan bagi kesehatan  pribadi saja, tetapi dimaksudkan untuk perlindungan kesehatan seluruh pekerja yang berada di tempat kerja.

(sumber: Ariyanti W.)