Berita

Prosedur Pengambilan Sampah

Jumat Wage, 19 Februari 2016 13:58 WIB 6605

foto

PELAYAN PENGAMBILAN SAMPAH DI UPT KP3 DINAS PEKERJAAN UMUM KAB. BANTUL

  1. PELANGGAN

Pelanggan pelayanan pengambilan sampah dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kab. Bantul cq UPT Kebersihan pertamanan persampahan dan permakaman (KP3) adalah :

  • Rumah tangga

Untuk pelanggan rumah tangga diharapkan berupa kelompok masyarakat yang terdiri atas beberapa rumah tangga (minimal 50 KK), hal ini bertujuan untuk efisiensi dalam hal pengambilan oleh truk sampah milik DPU.

  • Tempat Usaha Jasa

Yang termasuk usaha jasa antara lain : Tempat Hiburan, Warnet, Rumah Makan, Katering dan usaha jasa yang lainnya

  • Usaha Barang.

Yang termasuk usaha barang antara lain : Usaha Mebel, Pabrik dan usaha barang yang lainnya.

  • Rumah Sakit

Hanya untuk sampah domestic (sampah rumah tangga), sedang untuk sampah medis dan sampah B3 harus ada penanganan tersendiri

  • Pelanggan lain sesuai dengan Perda No. 9 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum

 

  1. TEMPAT PENAMPUNGAN SEMENTARA (TPS)

Tempat Penampungan Sementara (TPS) adalah tempat penampungan atau pengumpulan sampah dari sumber sampah (pelanggan) sebelum diangkut oleh petugas/truk sampah dan dibuang ke TPA. Adapun syarat TPS yang sesuai dengan ketentuan DPU adalah :

  • TPS Harus Tertutup dan Diberi Pintu Dengan Gembok, hal ini bertujuan untuk menghindari adanya pembuang sampah dari luar pelanggan sehingga sampah di TPS tidak meluap, selain itu apabila TPS tertutup dapat menghidarkan sampah dari air hujan sehingga dapat mengurangi bau sampah. Untuk gembok pintu TPS satu dipegang oleh petugas pengumpul sampah dan satu dipegang petugas DPU. Gambar TPS dapat di download di situs Dinas Pekerjaan Umum Kab. Bantul.
  • Ukuran TPS, untuk ukuran TPS disesuaikan dengan jumlah sampah yang dihasilkan oleh Pelanggan dan rencana pengambilan sampah oleh truk DPU (untuk rumah tangga paling lama 1 minggu sekali).
  • Lokasi TPS, lokasi TPS diharapkan tidak dipinggir jalan besar dan ramai (untuk menghindari adanya pembuangan sampah dari luar pelanggan) namun truk DPU dapat mendekat.
  1. PERMOHONAN BERLANGGANAN

Permohonan berlangganan ditujukan kepada kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab. Bantul, dengan dilampiri data pelanggan. Setelah surat permohonan diterima Dinas Pekerjaan Umum Kab. Bantul, UPT KP3 akan segera menindak lanjuti dengan melakukan survei lokasi serta kelayakan TPS, apabila TPS telah sesuai maka akan dilanjutkan dengan penanda tanganan Surat Kerja sama (seperti bagan terlampir). Contoh surat permohonan dapat di download di situs Dinas Pekerjaan Umum Kab. Bantul.

  1. RETRIBUSI SAMPAH

Besaran retribusi pelayanan pengambilan sampah oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kab. Bantul diatur melalui Peraturan DaerahKabupaten Bantul Nomor 09 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, sebagaimana telah dirubah dengan Peraturan DaerahKabupaten Bantul Nomor 08 tahun 2013. Pembayaran retribusi dilakukan setiap bulan dimulai setelah pelanggan mendapatkan pelayanan pengangkutan sampah dari Dinas Pekerjaan Umum Kab. Bantul ( satu bulan setelah penandatanganan Surat Kerja sama), paling lambat tanggal 25 setiap bulannya

Untuk pelanggan Rumah Tangga Besaran Retribusi adalah Rp. 4.500,- per KK per Bulan. Khusus untuk pelanggan Rumah Tangga akan mendapatkan pengembalian uang Retribusi sebesar55 % dari retribusi yang disetor ke Pemkab Bantul, adapun untuk pengambilan uang pengembalian tersebut dilakukan pada Bulan Berikutnya. Aturan ini tidak berlaku untuk pelanggan diluar pelanggan Rumah Tangga.

  1. INFORMASI

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi

Dinas Pekerjaan Umum Kab. Bantul: (0274) 367 310

 

Atau dapat langsung datang ke :

Dinas Pekerjaan Umum Kab. Bantul

cq UPT Kebersihan pertamanan persampahan dan permakaman (KP3)

Jl. P. Senopati, Palbapang

Bantul

Senin s/d Kamis          Jam 08.00 – 14.00 WIB

Jum’at                         Jam 08.00 – 11.00 WIB

Sabtu                           Jam 08.00 – 12.30 WIB